Kelelahan (Fatigue)

Kelelahan dan Keselamatan

Kelelahan dapat menimbulkan bahaya yang serius. Beberapa kejadian yang disebabkan kelelahan diantaranya:

  • Operator tertidur saat mengendarai Haul Truck;
  • Supir truk kehilangan kontrol;
  • Kinerja menurun sewaktu melakukan pekerjaan repetitif atau berulang.
  • Hilangnya konsentrasi dan banyak melakukan kesalahan.

Kelelahan di sini didefinisikan sebagai suatu ketidakmampuan sementara (mental, emosional, atau fisik) atau penurunan kemampuan atau rasa malas yang kuat untuk merespon suatu situasi, karena tidak memadainya waktu istirahat untuk kembali bugar setelah sebelumnya beraktivitas.

Kelelahan dibedakan antara kelelahan akibat pekerjaan dan kelelahan bukan akibat pekerjaan, walaupun keduanya saling terkait.

Untuk menjaga kewaspadaan dan kinerja, seseorang memerlukan cukup waktu tidur. Tidak begitu difahami faktor apa saja yang membedakan kebutuhan waktu tidur seseorang. Namun, mengurangi waktu tidur selama satu jam per malam sudah cukup menyebabkan meningkatnya rasa kantuk, yang menjadi parah secara progresif jika berlangsung setiap malam.

Kualitas tidur, khususnya kontinuitasnya, juga suatu faktor penting yang mempengaruhi kewaspadaan dan kinerja. Diperkirakan 75% pekerja malam mengalami ngantuk di setiap shift, dan 20%-nya mengalami cukup parah hingga menyebabkan mereka tertidur. Tiga aspek dari jadwal kerja yang sangat dipengaruhi oleh gangguan tidur:

  • Waktu kerja yang panjang;
  • Jam kerja yang tidak beraturan; dan
  • Jadwal yang menuntut orang untuk bekerja ketika mereka normalnya tidur.

Dapatkah pekerja tidur dengan baik selama jam istirahat-nya?” Perusahaan memastikan jadwal kerja memungkinkan karyawan memiliki waktu istirahat yang cukup untuk mengembalikan kebugaran, karyawan seharusnya memiliki tanggung jawab penuh dalam mengatur ritme tubuhnya sesuai dengan kemampuan tubuh dan tuntutan pekerjaan.

Dibawah ini adalah beberapa tips agar Anda dapat bekerja secara selamat di musim pertandingan sepak bola:

  •  Pastikan Anda sehat untuk bekerja. Jangan Bekerja atau Pulang ke Rumah jika Anda merasa kurang sehat.
  • Tidur cukup – orang dewasa membutuhkan sekitar 8 jam untuk tidur setiap malam. Hindari mengkonsumsi pil tidur. Nonton siaran pertandingan yang sesuai dengan waktu luang Anda sehingga dapat bekerja dengan selamat.
  • Jangan merokok atau kurangi merokok – rokok mengandung banyak zat kimia yang membahayakan.
  • Jangan melewatkan waktu makan – terlalu lama berkegiatan tanpa makan dapat membuat tingkat gula darah menurun. Usahakan makan tepat waktu untuk mempertahankan tingkat energi Anda.
  • Konsumsi nutrisi yang lebih baik untuk membantu mengurangi kelelahan.
  • Kurangi waktu duduk Anda dan kebiasaan kurang bergerak. Mulailah berjalan; melakukan jalan cepat atau peregangan untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan energi.

Eka Sumarna